USE CASE DIAGRAM
A. Pengertian Use Case Diagram
Use Case Diagram merupakan salah satu jenis diagram
pada UML (Unified Modelling Language) yang
menggambarkan interaksi antara sistem dan aktor, juga dapat mendeskripsikan
secara singkat tipe interaksi antara si pemakai sistem dengan sistemnya.
Use Case Digram adalah merupakan pemodelan yang
menggambarkan kelakuan (behavior) dari sebuah sistem yang dibuat. Dengan kata
lain use case diagram lebih terfokus kepada “apa” yang diperbuat sistem bukan “bagaimana”.
Use case diagram terdiri dari :
B. Komponen Use Case
Komponen-komponen pembentuk use case diagram adalah
sebagai berikut:
1) Actor
Pada
umumnya actor bukanlah bagian dari use case diagram, namun untuk bisa dijadikan use case perlu adanya actor
yang terlibat. Actor akan berinteraksi dengan sistem, seperti mungkin hanya
memberikan informasi inptan pada sistem, hanya menerima informasi dari sistem
atau keduanya menerima dan memberi informasi pada sistem. Actor hanya berinteraksi dengan use
case, tetapi tidak memiliki control atas use case. Actor digambarkan
secara umum atau spesifik, dimana untuk membedakannya kita dapatmenggunakan
relationship. |
2)
Use case
Use case adalah kata kerja yang merupakan “apa” yang dikerjakan oleh sistem bukan “bagaimana” sistem mengerjakannya. Use Case sebagai gambaran fungsionalitas dari suatu sistem dari sudut pandang (user) yang dapat membantu pemahaman mengenai kegunaan sistem yang akan dibangun. Pada umumnya use case boleh terdiri dari beberapa kata dan tidak boleh ada 2 use case dengan penggunaan nama yang sama.
3)
Relasi dalam Use
case
Use case diagram
memiliki relasi sebagai berikut:
Ø Association
Menghubungkan link
antar element.
Ø Generalization
Sebuah elemen dapat
merupakan spesialis dari elemen lainnya bisa disebut dengan pewarisan sifat (inheritance).
Ø Dependency
Sebuah elemen
bergantung dalam beberapa cara ke element lain.
Ø Aggregation
Bentuk association dimana
sebuah elemen berisi elemen lainnya.
Tipe Relasi/
Streotype yang mungkin terjadi pada use
case diagram :
Ø <<include>>, kelakuan yang harus
terpenuhi agar sebuah event dapat terjadi.
Ø <<extends>>, kelakuan yang hanya
berjalan pada kondisi tertentu.
Ø <<communicates>>, mungkin ditambahkan
untuk asosiasi yang menunjukkan asosiasinya adalah communicates association.
4)
System Boundary
Boxes (Optional)
Digambarkan dengan
kotak disekitar use case, untuk menggambarkan jangkauan system anda (scope of
of your system). Biasanya digunakan apabila memberikan beberapa alternative
system yang dapat dijadikan pilihan. System boundary boxes dalam penggunaannya
optional.
5)
Packages (Optional)
1 komentar:
Write komentarInformasinya ini masih kurang lengkap? coba cek disini dijamin lengkap + disertai tabelnya.
ReplyEmoticonEmoticon